NEW’S

AKSI SOSIALISASI MUHAMMADIYAH

DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PANDEMI INFLUENZA

Lapangan Monas Pintu Timur dan Benderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat –

Minggu, 26 Juli 2009- 07:00 – 10:00

Sampai dengan 23 Juli 2009 , WHO telah mencatat 700 orang meninggal dikarenakan A/H1N1. Sedangakan di Indonesia, jumlah kasus A/H1N1 telah bertambah menjadi 322 orang (24/07/09, Detiknews). Pada hari senin 20 Juli 2009, sebuah pesantren di Kota Banten yang memiliki 4000 santri dikejutkan dengan santri demam tinggi disertai flu mencapai jumlah 100 orang lebih dan terus meningkat. Dengan semakin meningkatnya korban A/H1N1 secara global WHO telah menetapkan bahwa saat ini Pandemi telah memasuki phase 6.

Flu babi (Swine flu-H1N1) pada dasarnya merupakan sebuah virus influenza type A yang hanya menyerang babi dan tidak pada umumnya menginfeksi manusia. Flu babi yang saat ini menyerang merupakan mutasi virus A/H1N1. Apabila dilihat dari perkembangan saat ini, virus ini diduga merupakan gabungan dari virus babi, virus flu burung dan virus influenza manusia. Babi merupakan hewan yang memiliki organ dan system tubuh yang paling mirip dengan manusia. Selain itu pula, Babi dapat menampung virus lebih dari satu jenis, sehingga dalam tubuh babi virus-virus tersebut dapat menjadi satu dan virus-virus bermutasi menjadi virus baru dan dapat menyerang manusia. Virus baru tersebut, yang awalnya hanya menular pada hewan menjadi mungkin untuk menular ke manusia. Hal ini pula terjadi pada virus flu burung (H5N1) dari unggas dan menular ke manusia.

Muhammadiyah sebagai organisasi civil society memiliki komitmen terhadap kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat:

Sebagai upaya memenuhi amanat Pimpinan Muhammadiyah dan sebagai wujud kepedulian Muhammadiyah dalam mengantisipasi pandemi influenza di Indonesia, maka TPFB PP Muhammadiyah, MDMC (HCPDM), dan didukung oleh Univeristas Muhammadiyah Jakarta dan Universitas Muhammadiyah Prof Dr, Hamka akan melaksanakan Sosialisasi Dalam Meningkatakan Kewaspadaan Terhadap Ancaman Pandemi Influenza.

Selain itu pula, Muhammadiyah melakukan beberapa kegiatan lain seperti:

1. Membuat rencana pencegahan dan penanggulangan terhadap ancaman pandemi influenza dengan mengintegrasikan dengan kebijakan pemerintah

2. Menyebarkan informasi melalui sms center, flyer, website khususnya kepada jaringan struktural Muhammadiyah, amal usaha, ortom, jaringan relawan Muhammadiyah

3. Menghimbau dan meminta peran serta dari seluruh amal usaha Muhammadiyah (AUM Pendidikan dan AUM Kesehatan), Jaringan struktural Muhammadiyah (PWM, PWM, PDM) dan Ortom secara aktif melakukan sosialisasi pandemi influenza

4. Mengupdate informasi baik dari media masa maupun melalui rapat-rapat koordiinasi tingkat nasional

5. Melaksanakan kegiatan seperti seminar atau lokakarya mengenai pandemi dan kesiapsiagaan Muhammadiyah dalam menghadapi pandemi influenza.

Contact:

Ita Rahma : 0812-85-15316

Chandra : 0815-7431-1162

Jl. Menteng Raya No 65/ Jakarta

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: