Artikel

Resep Mengatasi Stres

Dalam kehidupan sehari-hari ada saja hal yang bisa membuat kita stres. Mulai dari keinginan yang nggak tercapai, kejenuhan, situasi yang nggak kondusif, dsb. Sebenarnya apa sih stres itu dan bagaimana cara mengatasinya? Cek resepnya berikut ini!

Definisi stres:

Stres adalah suatu kondisi atau keadaan tubuh yang terganggu karena tekanan psikologis. Biasanya stres dikaitkan bukan karena penyakit fisik tetapi lebih mengenai kejiwaan. Akan tetapi karena pengaruh stres tersebut maka penyakit fisik bisa muncul akibat lemahnya dan rendahnya daya tahan tubuh pada saat itu.

Banyak hal yang bisa memicu stres muncul seperti rasa khawatir, perasaan kesal, kecapekan, frustasi, perasaan tertekan, kesedihan, pekerjaan yang berlebihan, Pre Menstrual Syndrome (PMS), terlalu fokus pada suatu hal, perasaan bingung, berduka cita dan juga rasa takut. Biasanya hal ini dapat diatasi dengan mengadakan konsultasi kepada psikiater atau beristirahat total.

Upaya ngilangin stres:

– Hadapi dengan senyuman, sekalipun suasana hati kamu sedang tidak enak. Bersikaplah lebih fleksible dan sadari bahwa semua ini adalah dinamika kehidupan.

– Mengunyah permen karet juga bisa mengurangi stresmu. Karena dengan gerakan mengunyah permen dapat merespon tubuh menjadi lebih rileks.

– Kamu bisa lakukan relaksasi, misalnya dengan aromatheraphy agar merangsang otakmu agar menjadi lebih rileks. Atau bisa juga dengan pemijatan dan berendam di air hangat.

– Menulis diary bisa membuatmu lebih tenang. Dengan menumpahkan segala unek–unek apa yang kamu rasakan dan kamu pikirkan. Biarkan semua perasaanmu mengalir dalam tulisan agar kamu menjadi lebih lega.

– Curhat bisa menjadi cara untuk meminimalisir rasa stresmu. Tapi jangan sembarang curhat sana sini. Pilihlah teman yang bisa diajak berbagi dan bisa menjaga rahasiamu.

– Dengerin lagu kesukaanmu sambil ikutan nyanyi juga bisa menyenangkan hatimu lho..

– Berolahraga juga bisa membuat peredaran darah ke otak menjadi lancar. Ada pepatah bilang “dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”

– Keluarkanlah energi positifmu untuk mengalahkan hal-hal negatif. Tetap berpikir optimis dan yakin segala permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

(noe/berbagai sumber)stress

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: