Nokia Luncurkan Modem 4G atau LTE Long Term Evolution

Tempo – Selasa, September 8
TEMPO Interaktif, Jakarta – Nokia hari ini untuk pertama kali merilis modem 4G (generasi ke-4) yang memakai teknologi Long Term Evolution (LTE). Modem ini diperkirakan bisa menghantarkan transfer data lebih cepat dari modem 3G yang sekarang ini beredar dan cuma sampai di kecepatan 7,2 Mbps.

LTE adalah teknologi berbasi jaringan selular GSM yang dibikin untuk menyaingin teknologi WiMAX. Teknologi ini diyakini bisa mengalirkan data hingga 72 megabit per detik.

“Nokia sangat berkomitmen untuk mendukung teknologi LTE yang bakal dirilis pada 2010,” kata Jani Maenpaa, kepala proyek LTE Nokia, seperti dikutip siaran persnya yang didapat Tempo.

Modem internet LTE keluaran Nokia ini diberi nama RD-3. Nokia adalah salah satu perusahaan pendukung konsorsium LTE. Modem ini diyakini bisa bekerja dengan sejumlah peralatan dari aneka vendor.

Modem LTE ini juga mendukung kerjsama dengan peralatan kuno seperti pemancar dengan jaringan GSM/EDGE dan WCDMA/HSPA. Tempo pernah menjajal teknologi LTE ini di Singapura beberapa waktu lalu. Hasilnya, menakjubkan. Dari ponsel, orang bukan cuma sekadar melakukan telekonferensi video, tapi juga melakukan rapat barang dan bertukar file dan bekerja dengan satu buah file presentasi.

Kadangkala saat penyaluran video memang agak tersendat. Namun, menurut pejabat Nokia Siemens Network, itu bukan karena peranti LTE nya. Tapi, karena ponsel-ponsel atau video kamera yang sekarang ini beredar di pasaran belum mendukung teknologi LTE. Jadi ada penundaan pengiriman data beberapa milidetik.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: