Trio Kepalsuan Ancam Pengguna Facebook

Wicak Hidayat – detikinet
fakebook285

Halaman Facebook Palsu (f-secure)
Jakarta – Facebook agaknya semakin sering digunakan untuk berbagi video. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh penyebar virus komputer untuk menjebak pengguna Facebook dengan trio kepalsuan yang mengancam. Trio kepalsuan itu adalah: halaman Facebook palsu, pesan Javascript palsu dan Captcha palsu.

Seperti dikutip detikINET dari blog resmi F-Secure, Selasa (20/10/2009), pengguna Facebook jadi sasaran pembuat virus yang menampilkan halaman Facebook palsu. Serangan itu berawal dari link ke sebuah halaman yang mirip dengan halaman Facebook untuk menampilkan video.

Saat dibuka, akan muncul sebuah pesan layaknya pesan dari Facebook yang meminta pengguna untuk meng-upgrade Flash. Tentunya, pesan itu palsu belaka.

Jika diklik, pengguna seakan-akan mengunduh sebuah file .exe untuk meng-upgrade Flash Player. Namun, ini yang agak ajaib, aplikasi itu jika dijalankan akan menampilkan jendela pop-up berupa form Captcha yang harus diisi sebagai konfirmasi dari pengguna.

Pop-up ini juga palsu dan berfungsi sebagai pengalih perhatian belaka. Soalnya, apapun yang dimasukkan pengguna dalam form itu pasti akan dianggap salah.

Nah, sementara pengguna bolak-balik diganggu oleh pop-up itu, program jahat akan diselundupkan ke direktori Windows. Selain itu, perubahan juga akan dilakukan pada Registry.

F-Secure menyebut program jahat ini jenis trojan dengan nama W32/Agent.MDN. Pengguna disarankan untuk menggunakan piranti lunak pelindung browsing untuk mencegah ancaman semacam ini.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: