Dompet Peduli Santri ( DPS )

Mengurai Simpul-simpul masalah TPQ

A.PENDAHULUAN
Anak-anak merupakan aset berharga yang kita miliki. Di pundaknya tertumpu masa depan kehidupan manusia dan dunia ini. Mereka adalah generasi muda yang akan meneruskan perjuangan dakwah Islam. Mereka muda-mudi yang akan menyongsong nasib bangsa dan Negara Indonesia yang harus lebih baik. Cerahkan masa depan mereka, bekali dengan ilmu agama yang cukup.
TKA (Taman Kanak-kanak Al-Quran), TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) dan pengajian anak adalah salah satu ujung tombak dakwah islam segmentasi anak yang sering terlupakan. Padahal perannya cukup besar dalam mencetak generasi Qurani sejak dini. Realitas saat ini umat Islam di Indonesia lebih menitik beratkan penyaluran infak dan shodaqoh untuk pembangunan fisik tempat ibadah. Masjid dibuat megah dan indah tetapi sepi dari kegiatan pembinaan generasi muda islam, sepi dari pengajian anak-anak dan remaja. Kalaupun ada dana yang disalurkan porsinya kecil dibanding untuk pembangunan fisik masjid. Seperti apa wajah-wajah generasi masa depan jika saat ini kita melupakan dan tidak mempersiapkan bekal ilmu agama yang cukup bagi mereka ?

B. Basic Thinking (Pemikiran dasar)
1.Krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia akan teratasi salah satunya dengan alih generasi yang baik. Jangan sampai kita disibukan oleh generasi saat ini sehingga kita lupa menyiapkan generasi akan datang yang harus lebih baik.
2.Tantangan globalisasi dan efek media yang semakin besar memudahkan masuknya budaya luar yang buruk sehingga bisa merusak aqidah dan akhlak generasi muda Islam.
3.Belum optimalnya upaya pembinaan generasi muda Islam khususnya di Kabupaten Banyumas.
4.Lemahnya koordinasi antar TPQ.
5.Banyaknya TPQ yang mati / bubar dikarenakan tidak adanya pengajar / ustadz.( Krisis eksistensi )
6.Lemahnya system regenerasi ustadz/ah. ( Krisis regenerasi )
7.Kurangnya pembinaan TPQ yang kontinuental.

C. Tujuan
1.Menyiapkan generasi qur’ani sejak dini.
2.Pemberantasan buta huruf Al-qur’an.
3.Memperkuat dakwah anak melalui TKA, TPQ dan pengajian anak sebagai upaya menyiapkan generasi muda islam dan bangsa Indonesia yang kuat aqidah,berakhlak mulia, senang belajar, membaca dan hidup qur’ani.

D. Program
1.Existensi
Pengiriman Ustadz/dzah ke daerah yang membutuhkan adanya TPQ dan ke TPQ yang membutuhkan ustadz/dzah.
2.Regenerasi
Pengkaderan ustadz/dzah TPQ dengan training calon ustadz/dzah secara kontinuental.
3.Pengembangan pembelajaran
Training ustdz/dzah (metodologi pengajaran, psikologi anak, manajemen kelas, BCM, dan lain-lain) secara kontinuental untuk mewujudkan pengajar TPQ yang berkualitas.
4.Sarana Dan Prasarana
Pemberian bantuan sarana dan prasarana TPQ untuk TPQ yang membutuhkan (bangku, papan tulis, media pengajaran dan lain-lain)
5.Kesejahteraan Ustadz/dzah
Pemberian bantuan kepada ustadz/dzah (baju muslim, jilbab danlain-lain) . Pembentukan koperasi ustadz/ah.
6.Event dan perlombaan
Mengadakan event dan perlombaan antar TPQ, pada moment-moment hari besar islam. (Gebyar Muharam, Festifal Anak Soleh dan lain-lain)
7.Tim BCM DPS (Bermain Cerita dan menyanyi)
Pengiriman Tim BCM ke TPQ-TPQ secara regulasi, untuk menciptakan suasana baru dan memberi motivasi belajar kepada santri.

*) Keterangan di atas masih bersifat umum. Untuk mengetahui konsep DPS yang lebih rinci silahkan sahabat PA silaturahmi ke Kantor Majalah PA di Jl. Ahmad Yani Gg. 1 No. 1 Purwokerto.

ul-simpul masalah TPQ

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: